Sunday, December 18, 2011

cara praktis & Tips-tips berkelahi

Kali ini saya mau share info, moga bermanfaat buat  yg baca..

Sebenernya ngga ada yg namanya cara praktis berkelahi, semua nya butuh persiapan yang matang tpi saya akan membantu dengan beberapa tips yg mungkin akan sangat membantu dalam pertarungan 1 lawan 1.

Sebelum mulai ane mau sedikit memperpanjang lebar cerita mengapa ane mau nulis info ini:
gini..
minggu ini ane dapet laporan kalo temen ane habis digebukin preman. Denger2 sih temen ane ga berani ngelawan, dia takut ama tu preman yg ane usut2 ternyata preman yg dia maksud ga jauh beda ama anak alay yg biasa dibahas di kaskus...bukannya sok pamer ato sok jagoan, kalo cuma "preman" seperti itu mah 5 orang ane berani lawan sendirian..

sebenernya tu temen ane udah sering ane ajak gabung latihan Jujitsu bareng ane, tapi alasannya banyak, takut patah tulang lah, capek lah, takut badan benjut lah, banyak pokoknya...kalo udah muka diperban aja baru kepikiran tu temen ane.

ane udah ikut Shorinji Kempo  sejak kelas 4 SD, kalo gak salah tahun 2006 & sekarang ngga ngelanjutin lagi gara2 fokus ke pelajaran (maklum anak student), terakhir ane kelas 1 SMP sabuk hijau kyu 3.

bukannya sombong, tapi ane lebih memikirkan keselamatan ane di lingkungan luar yg semakin gak aman...banyak orang yg pindah profesi jadi rampok...makanya ane lebih milih gabung di grup beladiri spt ini selain badan sehat, juga bermanfaat.

semua jenis beladiri sama manfaatnya kalau dipelajari sungguh2, apalagi dibuat berantem beneran di jalan ato dengan kata lain sebagai perlindungan diri di jalan...

ane juga pernah ngalamin bermacam2 perkelahian, ya pernah dikeroyok, satu lawan satu, sampe pernah ada lawan ane yg gak fair(ane bisa maklumin) nusuk perut ane pake obeng plus & bekasnya masih ada sampe sekarang. Nah dari pengalaman ane itu, ane mau share info aja ke temen2 yg mungkin ngerasa belum berani, ato ada yg ganggu, ato ada yg ajak berantem di mari...

ok, langsung aja, biasanya kalo kejadian seperti itu (ada yg palak ato ada yg ngajak berantem, terutama temen2 yg masih sekolah) kita sebagai manusia paling susah kontrol emosi, apalagi yg belum pernah berantem sebelumnya & pada akhirnya kita sulit untuk mengontrol nafas karena adrenalin kita semakin meningkat, badan gemetar, tangan, bibir, kaki menjadi dingin & pandangan menjadi gelap...(ane juga pernah ngalamin ini gan), ini sebenernya wajar, karena asupan oksigen di otak menjadi tidak teratur & ini sebenarnya bukan yg biasa orang sebut sikap penakut ato gemeter liat lawannya segede kingkong, sebenarnya hal ini adalah wajar. nah, untuk mengatasinya Ini langkah2nya dari a-z kalo ente diajak berantem ama orang resek:


1. yg harus dilakukan adalah mengatur nafas, kosongkan pikiran (jangan berpikir tentang lawan, penonton, ato urusan lain, fokuskan konsentrasi ke satu titik)

2. tidak usah berfikir postur tubuh lawan kita jauh lebih besar, wajahnya lebih garang, dia anak jendral, dsb karena fikiran itu cuma menambah hancur mental yg sudah kebentuk, toh mereka juga makan nasi, kalo di tembak ya juga mati

3. jangan berfikir setiap perkelahian akan berjalan fair atau adil, kita tidak akan mengerti tabiat lawan & apa yang mereka selipkan dibalik bajunya atau dia akan bertarung tanpa bantuan teman. Bukan berarti kita juga boleh curang seperti mereka dengan membawa senjata api ato senjata tajam, LAKI BERKELAHI TANGAN KOSONG, LAKI BERKELAHI SECARA JANTAN! 1 v 1 !

4. NO TIME FOR STRETCHING! jadi persiapkan fisik apa adanya dengan melakukan pemanasan apa adanya pula

5. jika kejadiannya terjadi tanpa ada jeda, atau ente gak dikasih kesempatan untuk bicara sedikitpun, coba untuk atur nafas seperti di No. #1 tadi & langsung ikuti permainannya

6. jangan sok jadi jagoan, mentang2 banyak cewek yg nonton, langsung pasang aksi, keluarin jurus2 bruce lee...GAK PERLU! ini perkelahian jalanan man! bukan di tv, kalo memang punya ilmu beladiri & fasih gunainnya sih silahkan, tapi kalo berantem aja belum pernah mending gak usah banyak gaya dulu, cukup sikap sempurna

7. jangan takut untuk melarikan diri, maksudnya disini adalah kalo kondisi tidak memungkinkan, tidak ada jeda untuk menyerang balik, & nyawa sedikit terancam, coba untuk melarikan diri ke tempat yg lebih memungkinkan, tidak usah dengarkan kata orang, pikir keselamatan nyawa lebih dulu!

8. jangan berfikir untuk menyerang arah kepala & perut biar lawan lumpuh dengan sekejap, memang kalau serangan kita telak mengenai sasaran, lawan akan lumpuh seketika, tapi wilayah ini paling sulit dijangkau, coba untuk menyerang titik lemah dulu ( titik lemah: leher/jakun, kemaluan, lutut & tulang kering)

9. semakin lawan terlihat emosi, bukan berarti ia semakin kuat, justru pada saat kita sukses membuat lawan semakin emosi, lawan akan sulit mengkontrol akal sehatnya, dari situ kita bisa lebih leluasa melakukan serangan

10. jaga jarak lawan, jangan sampai posisi kita terlalu dekat dengan lawan, hal ini bisa berbahaya karena lawan bisa saja bertindak jauh dari pikiran kita sebelumnya

11. jangan menyerang sebelum diserang, hal ini juga sangat penting, supaya kalo kasusnya dibawa kepihak yg berwajib, kita bisa dianggap "diserang"

12. jangan terlalu sering menggunakan teknik ground fighting (atau terlalu lama), ini bisa merugikan kita jika terlalu lama ground fighting dengan lawan karena kita tidak pernah tau siapa saja yang mungkin membantu lawan untuk menyerang kita di kondisi seperti itu. Sah2 saja jika ground fighting dilakukan secara cepat & langsung melumpuhkan lawan (lawan langsung mengalami dislokasi tulang, kehabisan nafas, dsb)

13. untuk yang belum berpengalaman berantem, jangan terlalu lama berantem ya, kalo fisik sudah gak kuat lagi, jangan dipaksakan, berusaha lari ketempat aman, contoh: ke ruang guru, kantor polisi, pos satpam, ato ke ke pos hansip

14. ini yg lebih penting, ada baiknya sebelum perkelahian terjadi, keduabelah pihak merundingkan permasalahan dengan kepala dingin supaya perkelahian tidak terjadi

15. kalo udah selesai berantemnya, menang gak menang jangan lupa gabung di grup beladiri supaya punya bekal kalo berantem lagi

UNTUK DIPERHATIKAN LAGI, ANE BIKIN  INI BUKAN UNTUK NGAJARIN YANG GAK BENER, ANE CUMA MAU SHARING AJA KALO TERJADI APA-APA DIJALAN & PENYELESAIANNYA
segitu dulu ya gan, kalo ada yg mau di share juga ama ane silahkan..

32 comments:

thank gan bwt infonya, tapi gan bukannya serangan awal tu serangan yang menentukan menang ato kalahnya dalam berkelahi..???

April 25, 2012 at 10:35 AM

trima kasih tipsnya gan,
ane tipe orang yg terlalu sabar & g tegaan..
kalo ane g emosi, mental ane ciut ngelihat lawan yang lebih gede, serem dan jumlahnya banyak.
tapi kalo ane emosi, mua hal yang ane takutin tadi ilang gan..
trus kira2 ane harus gimana y gan ?

Anonymous
May 19, 2012 at 8:08 AM

makasih info nYa gan........?

Anonymous
June 4, 2012 at 7:55 AM

hadeh... Ane udh brantem 2 kali n menang, tp knp masih ada perasaan takut? baru bayangin aja deg2an, tolong pencerahannya gan

Anonymous
July 9, 2012 at 6:35 PM

thx utk tips'' nya brother..
akan gw ikutin smw itu ..

bolo
July 18, 2012 at 1:01 AM

Kalo saya lebih memilih menggunakan stungun!? pistollistrik dengan kekuatan voltase di atas 3juta volt.

mau bei stungun silakan kunjungi saya di sini
Stungun murah | pistol listrik model HP cuma Rp.120.000

July 23, 2012 at 12:38 AM

menang ato kalah urusan belakangan yang penting berani dulu... :)

Anonymous
August 2, 2012 at 8:11 AM

gan w mau tanya ini, w emang udah mau hajar tuh lawan w,cuman mengingt dia satu kompleks ama w, adrenalin w turun,solusinya gimana itu (apa w tipe yang pemaaf ya)

August 8, 2012 at 9:13 AM

@ M taufik
kalo dia trus bikin lo geregetan yah ajak berkelahi 1 vs 1 bro ! :)

Anonymous
December 24, 2012 at 4:37 AM

Bro.. kalian semua punya masalah sama perkelahian ya?? kalo gua malah gak pernah ada yang ngajak berkelahi.. padahal udah siap mental dan fisik :( jadi gak bisa tes skill deh..

@Marvel Alam

Anonymous
December 24, 2012 at 4:40 AM

gw paling gak kuat lama gan kalau berantem, nafas gw lgsg cepet abs.. gmn ya gan? gw padahl ikt taekwondo :(

January 16, 2013 at 2:28 AM

Kalo mau belajar berantem.. belajarlah dari steven seagal. Doi selalu tenang dalam menghadapi lawannya. Pada intinya berantem tu bukan bwat untuk kekuatan, tapi untuk bela diri. Banyak org salah menafsirkan, sehingga menggunakan emosinya dulu. Padahal berantem itu butuh konsestrasi dan pikiran yang tenang ( dalam konteks yg berani)

February 15, 2013 at 8:21 AM

Makasih ya om

Saya sekarang udah tw cara mengontrol emosi saya


Lawan saya ini badannya agak lebih gede dari saya

Anonymous
April 3, 2013 at 9:42 AM

Tanks gan sangat membantu ....

May 9, 2013 at 2:27 AM

makasih banget infonya, sekarang ane bisa hajar smua orang yang dulu ngebully in ane

Anonymous
May 13, 2013 at 3:27 AM

thanks gan infonx,,,,
dankebtln jgha ane mau praktekkin nhey,,,,

Anonymous
June 8, 2013 at 6:44 AM

sy sih gak pernah mau brantem dari dulu..
tp kalo emang gak bs di cegah lagi dan harga diri kita terhina
gw akan mampusin aja tuh orng jngn tanggung2..
thanks juga masukannya gan...

Anonymous
June 19, 2013 at 7:52 PM

Wah cocok, nih.. admin nya mana ?? sini berantem sama saya, 1 vs 1 berani nggak ?? hehe :)

July 7, 2013 at 1:43 AM

Gue mau berantem , tapi temen satu kelas , jadi ga enak broo

Anonymous
November 21, 2013 at 7:00 AM

gua mau berantem nih bro, tp dia sahabat gua cuma gara-gara cewek doang. gimana ya? saya ga enak kalo nonjok dia, saran dong

Anonymous
November 30, 2013 at 12:54 AM

Gan ane mau berantem tapi sama anak satu sekolahan gara2 lawan ane mau ngerebut pacar ane tapi ane takut malah berurusan ama sekolah, jadi ane harus gmn gan?

Anonymous
December 4, 2013 at 1:27 AM

manfaat banget nih buat gue, gan gue orangx gak tegaan klw soal mukul orang pdhl rencananya tadi gue mau nonjok teman gue ( teman sekelas ) tapi waktu gue bentak dia udah nangis duluan pdhl gue belom mukul disitu gue gak tega gan liat dia nangis.......

azsyara dita
December 10, 2013 at 11:33 PM

gan kalau ane dikeroyok gimana sasindoq.blogspot.com

Anonymous
February 5, 2014 at 11:53 PM

Matur thank you gan :v

Anonymous
March 22, 2014 at 8:47 AM

kalo dikunci gimana

Anonymous
April 2, 2014 at 9:34 PM

OK gan thanks . ngebantu banget infonya ^^

Anonymous
April 7, 2014 at 6:34 AM

sangat masuk akal komennya
tambah satu lagi rendah hatilah saat kita merasa kuat
karena saat itulah kita lemah

roy
May 13, 2014 at 8:55 PM

Lumayan

May 20, 2014 at 5:54 AM

gan kalau orangnya suka pakai Siku tangan dan tempurung kaki gimana gan? :-)

Anonymous
May 20, 2014 at 5:59 AM

Enaknya nonjok langsung agresif apa sabar dlu men? Tolong fast koment ya bro. Butuh banget nih.

Anonymous
June 10, 2014 at 10:28 AM

Gan mo minta saran.
Dikelas ane ada jagoannya yg suka ngatain nyiksa sama nyuruh
Dia pernah nendang ane.
Ane masih sabar niatnya sih kalo udah kesel banget ane tonjokin
Tapi gayakin menang.
Sarannya dong gan cepet ya.

Reza
August 7, 2014 at 2:36 AM

ane udah sering berantem, sering menang juga, pernah kalah juga sih, cman banyak menang nya. tpi kenapa masih deg degan juga ya? perasan ga enak juga. pencerahannya dong gan

Anonymous
August 26, 2014 at 1:15 AM

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.